Ketika ingin mengakses sebuah link, tentu kita pernah diarahkan ke website lain secara tidak terduga, dimana halaman pop-up tersebut tidak relevan. Ini adalah taktik yang digunakan banyak situs untuk mengalihkan traffic ke tujuan yang tidak diinginkan. Google ingin mencegah hal itu terjadi, dimana untuk melindungi pengguna internet dari tindakan tersebut, Google telah mengumumkan tweak baru untuk Chrome yang akan memblokir pengalihan situs web yang tak terduga serta pop-up yang mengganggu.

Google menyebutkan bahwa 1 dari setiap 5 laporan feedback dari pengguna Chrome menyebutkan pernah menemui beberapa jenis konten yang tidak diinginkan. Perusahaan telah berkomitmen untuk meluncurkan tiga perlindungan baru dalam beberapa rilis berikutnya untuk memblokir perilaku yang tidak diinginkan seperti ini.

Pengalihan yang tidak perlu biasanya berasal dari konten pihak ketiga yang disematkan di sebuah website meskipun pemilik website tersebut mungkin tidak bermaksud mengalihkan traffic. Di browser Chrome 64, Google akan memblokir website dari pengalihan pengguna ke laman lain secara otomatis. Ini akan menampilkan infobar sebagai ganti dari pengalihan ke laman lain, yang akan memberi tahu pengguna bahwa ada upaya pengalihan.

Hal yang lebih parah dialami oleh pengguna adalah saat mereka mengeklik tautan baru untuk membuka tab baru. Seringkali, halaman asli kemudian menavigasi ke halaman web lain yang tidak diinginkan. Google melihat ini sebagai pengelakan blok pop-up miliknya sehingga akan memblokir pengalihan yang tidak diinginkan ini di tab utama dengan Chrome 65.

Google juga membatasi tautan ke situs web pihak ketiga yang disamarkan sebagai tombol play, lapisan transparan di situs web yang menangkap semua klik, dan masih banyak lagi. Chrome 64 akan dirilis awal tahun depan karena saat ini masih dalam pengujian pra-beta. Perusahaan sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa peluncuran Chrome ini juga akan memblokir pemutaran video secara otomatis yang memiliki suara.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here