Google Street View merupakan salah satu layanan yang cukup populer saat ini. Namun ternyata, keberadaan aplikasi Street View ini juga baru saja membuat Google harus terkena denda sebesar 2.250 USD atau setara 27 juta rupiah. Denda tersebut diterima Google karena mereka menampilkan gambar payudara seorang perempuan.

Perempuan tersebut adalah seorang bernama Maria Pia Grillo. Pada tahun 2009, Grillo pun menemukan gambar dirinya di Street View tengah duduk di beranda rumahnya. Gambar tersebut pun dengan jelas menampakkan buah dada dari Grillo. Meski wajahnya diblur, namun Grillo berhasil mengenali gambar tersebut karena situasi yang ada di sekitarnya.

street view

Setelah itu, Pia pun melancarkan gugatan hukum kepada Google terkait keberadaan gambar dirinya di Street View. Dia menginginkan agar gambar-gambar tersebut sepenuhnya di-blurkan, termasuk tubuhnya, plat nomor mobil serta alamat rumah. Dia pun meminta ganti rugi sebesar 45 ribu USD karena gambar tersebut telah membuatnya cukup depresi. Hal ini karena gambar tersebut kerap dijadikan bahan olokan kawan-kawan kerjanya.

Akhinya hakim pengadilan pun memenangkan gugatan hukum dari Grillo. Namun pihak pengadilan tak menyertakan depresi yang diungkapkan oleh Grillo. Dan Google pun diminta untuk membayar denda sebesar 2.250 USD atau setara 27 juta rupiah ditambah dengan uang senilai 159 USD sebagai biaya pengadilan.

via Geek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here