You are currently viewing Google Docs Bisa Berbagi Dengan Pengguna Non-Google Sekarang

Google Docs Bisa Berbagi Dengan Pengguna Non-Google Sekarang

Ada kabar yang cukup menggembirakan bagi Anda pengguna non google di manapun berada, pasalnya baru-baru ini keberadaan dokumen yang ada di Google Drive kini bisa di-share dengan pengguna yang tidak memiliki akun di mail google (non-google) sekalipun.

Berbeda dengan sebelumnya yang mengharuskan pengguna memiliki akun di mail Google untuk dapat mengakses file secara bersama-sama, tapi sekarang siapa pun kabarnya dapat menerima dan melihat file yang di-share tanpa harus terlebih dulu mendaftar atau memiliki akun mail di Google. Meskipun tak bisa dipungkiri, pengguna non-google dalam hal ini yang pasti tidak dapat mengedit dokumen sekalipun dan file yang dapat dishare-pun hanya mencakup dokumen asli di Docs, Slides, atau Drawings.

Perubahan ini berlaku untuk pengguna Google Apps dan dapat berguna dalam situasi di mana dokumen yang ada harus dishare dengan orang (pengguna) yang bukan google. Dan seperti apa yang telah diungkapkan oleh Google, file yang dishare dikirim linknya ke alamat email yang bukan Akun Google dan hanya dapat dibuka/dilihat meski tanpa harus masuk ataupun membuat akun Google terlebih dulu.

Jadi pada dasarnya, untuk memungkinkan pihak (pengguna) lain yang bukan google untuk melihat file tanpa harus login dulu, dokumen yang dishare praktis akan dapat terlihat oleh siapa saja yang mengetahui keberadaan link ke dokumen tersebut. Akan tetapi segera setelah orang (pengguna) yang dishare dokumen itu membuat/mendaftar atau login ke akun Google, link dokumen yang dikirim tersebut tentunya hanya akan dapat diakses oleh pengguna yang login pada daftar berbagi saja. Sedangkan setiap pengguna yang telah mengakses dokumen saat login ke akun Google miliknya sebelum ini, maka secara otomatis akan dimasukkan dalam daftar akses berbagi.

thePinkFighter

A geeky who want to see future life through Sci-Fi movies. Love to work with codes and coffee.

Leave a Reply