Google baru saja melakukan langkah ‘bersih-bersih’ terhadap aplikasi dan layanan yang dimilikinya. Salah satu kebijakan ‘bersih-bersih’ tersebut adalah menggabungkan layanan Google Drive dan Picasa.

Picasa sendiri saat ini menyediakan layanan penyimpanan sebesar 1GB yang bisa diperoleh secara gratis. Sedangkan Google Drive, menyediakan fasilitas gratis untuk menyimpan data sebesar 5GB. Jadi, bagi pemilik akun Google, sebenarnya bisa memperoleh fasilitas penyimpanan gratis sebesar 6GB.

Namun, dengan langkah penggabungan Picasa dengan Google Drive ini, Anda tidak akan mendapat penyimpanan gratis sebesar 6GB. Alih-alih Anda ‘hanya’ bisa memperoleh fasilitas penyimpanan 5GB, 1GB lebih sedikit dari sebelumnya.

Kebijakan serupa juga berlaku untuk pengguna berbayar. Jika sebelumnya Anda akan memperoleh total penyimpanan awan gratis sebesar 105GB, maka dengan kebijakan baru ini, jumlah tersebut merucut menjadi 100GB saja. Langkah penggabungan ini memang menurut Google akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

(Via Softpedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here