Logo Google (Kredit: thetrentonline)

Teknologi pengenalan wajah sejatinya sudah ada sejak beberapa tahun terakhir, dan marak digunakan pada kamera serta smartphone. Kini Google dikabarkan sedang bekerja mengembangkan dan membawa teknologi tersebut sebagai inti dari smartphone besutannya di masa depan.

Logo Google (Kredit: thetrentonline)
Logo Google (Kredit: thetrentonline)

Seperti yang dilansir BGR, Kamis (28/1/2016), menurut laporan dari The Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Google tengah mengerjakan proyek eksperimental teknologi pengenalan wajah yang yang dibangun langsung di perangkat smartphone mereka dan tidak harus bergantung pada pusat komunikasi data remote via web.

Pada proyek ini, Google bekerja sama dengan Movidious, yang sebelumnya juga telah membantu perusahaan dalam pengerjaan inisiatif pemetaan 3D Project Tango, untuk mengembangkan smartphone baru ini. Selain itu, WSJ juga mengatakan bahwa Google mengincar banyak aplikasi yang berbeda untuk smartphone yang dapat mengidentifikasi wajah dan objek secara real time, termasuk mengidentifikasi orang untuk mengotorisasi transaksi, membantu orang buta dan menerjemahkan tanda-tanda.

Kepala Eksekutif Movidius, Remi El-Ouazzane mengatakan bahwa smartphone yang menggunakan teknologi ini bukan sesuatu yang akan keluar pada waktu yang tidak diketahui. Sebaliknya, ia mengatakan bahwa teknologi akan berada di sini dalam “waktu yang tidak terlalu lama.” Hal itu berarti, kita dapat menjumpai teknologi tersebut pada smartphone Nexus yang meluncur tahun ini atau Nexus yang meluncur tahun 2017.

Meski belum diketahui secara pasti kapan teknologi ini akan datang, namun teknologi ini layak diantisipasi kehadirannya. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here