Sebuah langkah akusisi besar baru saja dilakukan oleh Google. Mereka kini telah secara resmi menjadi pemilik Nest Lab yang baru-baru ini mengenalkan produk miliknya berupa thermostat pintar dan detektor asap yang nantinya dimanfaatkan untuk pengembangan rumah pintar.

nest lab

Untuk mengakuisisi Nest Lab, Google pun rela mengeluarkan dana sebesar 3.2 miliar USD atau setara 38 triliun rupiah. Proses akuisisi ini sendiri sebenarnya telah diselesaikan oleh Google pada tanggal 7 Februari lalu. Hal itu diketahui dari dokumen yang ada di Securities and Exchange Comission.

Nest Lab sendiri merupakan sebuah perusahaan yang dipimpin oleh mantan bos iPod Apple, yakni Tony Fadel. Setelah proses akuisisi ini, maka Fadel akan secara otomatis bekerja di Google dan akan secara langsung bertanggung jawab kepada CEO Google Larry Page.

Sebelum proses akuisisi ini, Google sebenarnya telah menjadi salah satu investor di Nest Lab. Saat itu, mereka memiliki saham sebanyak 12 persen. Dan setelah berhasil diakuisisi Google, Nest Lab pun akan bekerja secara independen.

via Recode