Salah satu pimpinan Google, Andy Rubin akhirnya mengemukakan alasan pelarangan Google kepada Acer untuk memakai OS Aliyun. Dalam posting blognya, Rubin mengatakan bahwa terdapat masalah kompatibilitas jika OS Aliyun digunakan pada smartphone Acer.

Rubin menjelaskan bahwa OS Aliyun milik Alibaba merupakan OS Android yang sudah dimodifikasi. Dan, akibat modifikasi tersebut, OS ini tidak bisa digunakan pada perangkat Android. Selain itu, dia mengatakan bahwa sebagai anggota dari Open Handset Alliance, Acer tidak diperbolehkan untuk memakai OS tersebut.

Dalam sebuah email yang diterima oleh CNET, Google juga menjelaskan bahwa permasalahan kompatibilitas merupakan hal yang harus sangat diperhatikan. “Versi Android yang tidak kompatibel seperti Aliyun, bisa merusak sistem,” tulis Google.

Sebelumnya, Acer memang merencanakan untuk merilis sebuah smartphone berbasis OS Aliyun. Dan, sebelum resmi dirilis, Google meminta kepada Acer untuk menunda peluncuran smartphone tersebut. Handphone yang akan dirilis oleh Acer tersebut merupakan sebuah smartphone Android yang OSnya diganti menjadi Aliyun.

(Via Cnet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here