Pengguna Android telah lama meminta Google untuk memberikan tema gelap secara bawaan sistem di versi Android berikutnya. Ada laporan yang mengatakan bahwa fitur tersebut akan tersedia pada Android Q, yang merupakan pembaruan utama untuk OS Android berikutnya. Hal itu dikonfirmasi oleh Google baru-baru ini di konferensi pengembang Google I/O 2019 bahwa memang akan ada tema gelap di Android Q.

Mereka mengakui bahwa pengguna telah lama meminta ini dan telah mendengarkan mereka yang kemudian perusahaan mengembangkan tema gelap untuk Android Q. Ini berfungsi seperti yang Anda harapkan dan terlihat seperti yang sudah diterapkan oleh beberapa aplikasi Android. Akan ada toggle di menu Pengaturan Cepat. UI sistem akan beralih dari putih ke hitam ketika Anda mengetuk sakelar tema gelap.

Apa yang bisa kita dapatkan dari penggunaan tema gelap? Google menunjukkan bahwa mode ini juga akan membantu daya tahan baterai. Itu karena smartphone yang mengusung panel layar OLED pada khususnya akan mengalami dampak yang sangat signifikan dari penggunaan tema ini, karena akan ada lebih sedikit piksel yang akan menyala dalam tema gelap dan seharusnya ini membawa peningkatan dalam masa pakai baterai. Tema gelap di Android Q juga akan diaktifkan secara otomatis ketika handset dimasukkan ke mode hemat baterai.

Perusahaan juga mengkonfirmasi bahwa semua aplikasi Android pihak pertama akan bekerja dengan tema gelap. Jadi, meskipun Google perlu waktu untuk memperbarui semuanya dengan dukungan untuk tema gelap, pengguna dapat yakin bahwa mereka akan menerima pengalaman yang konsisten di seluruh OS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here