(Kredit: PhoneArena)

Google Maps merupakan layanan pemetaan yang masih memimpin di peringkat teratas karena dukungan dan layanannya yang beragam, namun Google Maps juga menuai banyak kritikan karena belum memiliki layanan navigasi secara offline. Kini Google menggulirkan update baru aplikasi Maps, di mana mereka mengoptimalkan layanan navigasi secara offline.

(Kredit: PhoneArena)
(Kredit: PhoneArena)

Update ini pertama kali tersedia untuk platform Android dan kemudian akan segera menyusul untuk iOS. berbeda dengan Nokia Here yang menggunakan peta offline secara penuh, Google Maps terbaru hanya menggunakan sebagian peta yang telah diunduh sebelumnya. Google Maps hanya mengunduh lokasi wilayah terdekat dari lokasi Anda, sehingga hal ini tidak memakan banyak ruang di memori.

Seperti yang diwartakan Phone Arena, Selasa (10/11/2015), Secara default, aplikasi Maps akan memperbarui database peta digital setiap 15 hari sekali dan update akan dilakukan apabila perangkat terhubung ke pengisi daya dan terhubung jaringan WiFi.

Selain layanan navigasi secara luring, Maps terbaru juga menghadirkan pencarian secara offline. Beberapa informasi menarik juga masih dapat dinikmati seperti jam operasional suatu toko, kontak, dan peringkat bintang juga masih tersedia meski tidak ada koneksi internet.

Dengan hadirnya layanan navigasi secara offline, pengguna Google Maps tak perlu lagi khawatir tersesat meski tidak memiliki koneksi internet di jalan. Meski masih memiliki keterbatasan, namun upaya Google juga patut diapresiasi.

(rez)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here