Dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman yang lebih menyenangkan saat menginstal aplikasi atau game Android, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan memungkinkan pengguna mencoba aplikasi atau game terlebih dahulu pada hasil pencarian sebelum menginstal.

Pengguna perangkat Android yang terhubung ke WiFi akan dimungkinkan menginstal dan mencoba aplikasi selama sepuluh menit, kemudian bila dirasa suka atau cocok maka pengguna tinggal men-download dan menginstal aplikasi atau game tersebut secara penuh.

Search Trial Run Ad

Ini dijuluki Search Trial Run Ads, sebuah program baru yang masih berupa program beta. Layanan ini akan hanya tersedia untuk beberapa penguji yang terpilih di Amerika Serikat. Google diperkirakan akan memulai pengujian beta ini beberapa minggu kedepan. Setelah itu, diharapkan layanan juga bakal menyambangi negara-negara lain dalam versi penuh.

Cara kerja program ini tidak begitu rumit, menurut Google, ketika pengguna sedang mencari sebuah aplikasi atau game di aplikasi Google, mereka dapat mengklik “Coba Sekarang”┬ádari dalam iklan pencarian dan mencoba aplikasi sebelum menginstalnya.

“Ketika pengguna perangkat mobile sedang mencari hiburan, mereka biasanya mencari dan men-download aplikasi game. Pada tahun 2015, diperkirakan 41% dari keseluruhan aplikasi yang di-download merupakan game.┬áNamun, sementara pengguna mungkin gembira tentang mengunduh aplikasi, itu dapat segera dilupakan. Penelitian telah menunjukkan bahwa 1 dari 4 aplikasi yang terpasang tidak pernah digunakan,” kata Google dalam sebuah posting di blog, seperti yang dikutip dari Softpedia, Selasa (15/3/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here