Pada ajang Google I/O yang digelar bulan Mei 2016 lalu, Google mengumumkan fitur baru yang akan datang bernama Instant Apps. Pada dasarnya apa yang dilakukan adalah bahwa alih-alih pengguna harus menginstal aplikasi di ponsel mereka hanya untuk menggunakan fitur atau layanan tertentu, Instant Apps akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi dari web, atau setidaknya bagian dari itu.

android-instant-apps

Meskipun fitur ini telah diluncurkan tahun lalu, namun Google baru saja memulai untuk menguji fitur tersebut. Seperti yang diumumkan pada Google Android Developers Blog, ini adalah tes terbatas yang hanya terbuka untuk beberapa aplikasi di web yang mencakup BuzzFeed, Wish, Periscope, dan Viki.

android-instant-apps-1

Menurut Google, “Kami telah bekerja dengan sejumlah kecil developer untuk memperbaiki pengalaman user dan developer. Hari ini, beberapa ini Instant Apps akan tersedia untuk pengguna Android untuk pertama kalinya dalam tes yang terbatas, termasuk aplikasi dari BuzzFeed, Wish, Periscope, dan Viki. Dengan mengumpulkan feed back pengguna dan iterasi pada produk, kami akan dapat memperluas pengalaman untuk lebih banyak aplikasi dan lebih banyak pengguna.”

Sayangnya, belum diketahui berapa lama kita harus menunggu hingga kita dapat melihat Instant Apps rilis secara online. Namun mengetahui Google telah menguji itu, mudah-mudahan pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama agar dapat segera menikmati keuntungan dari Instant Apps. Tentu pihak yang paling diuntungkan dari hadirnya Instant Apps adalah developer dan webmaster.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here