Terus berinovasi, mungkin adalah cara Google untuk terus menjadi yang nomor satu. Sehari setelah Apple mengumumkan App Store Subscription Plan, yang mana dengan begitu pihak Apple hanya memotong 30 persen saja dari royalti yang diterima para publisher untuk menjual konten aplikasi mereka. Kini Google pun mengumumkan satu layanan barunya yaitu Google One Pass, yaitu layanan pembayaran online untuk koran maupun majalah online. Yang berbeda dari layanan ini adalah, si pemilik konten berhak mendapatkan 90 persen royalti dari hasil penjualan konten dan para publisher pun dapat mengontrol langsung data pelanggan.

Google One Pass sendiri telah diumumkan oleh CEO Eric Schmidt di Universitas Humboldt di Berlin, Jerman. Sistem pembayaran online ini sebenarnya sudah menjadi isu sejak beberapa bulan lalu dan akhirnya pihak Google dengan resmi mengumumkannya dengan promosi yang sangat menguntungkan para pemilik konten.

Sebagai awalan, Google One Pass akan mulai tersedia di Inggris, Amerika, Kanada, Prancis, Italia, Jerman dan Spanyol, tak menutupi kemungkinan nantinya kalau layanan ini sukses akan terus merambah ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dari konten yang dijual ini, nantinya pihak Google hanya akan mengambil keuntungan 10 persen saja, tentunya ini akan sangat menguntungkan karena selain itu, para publisher juga bisa mengontrol jutaan data pelanggannya.

Apalagi ini akan diimbangi dengan perkembangan teknologi tablet dan juga smartphone yang mana akan membutuhkan banyak konten berita-berita bermutu yang akan terus berkembang nantinya. Wah, kita tunggu saja ya kehadiran layanan ini di Indonesia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here