Pada ajang Google I/O 2016 kali ini banyak sekali teknologi baru yang Google perkenalkan. Salah satu yang tak kalah menarik dengan teknologi lain adalah teknologi mengontrol smartwatch tanpa menggunakan tangan. Teknologi ini menggunakan sistem radar agar dapat bekerja.

soli-header

Seperi yang dilaporkan Phone Arena, Sabtu (21/5/2016), raksasa mesin pencari itu telah menunjukkan ketertarikan pada sensor berbasis teknologi radar yang diwujudkan dalam pembentukan Project Soli. Jika perangkat smartphone dan tablet sudah biasa dikontrol menggunakan metode hands-free atau air-gesture yang menggunakan kamera dan sensor lainnya, namun bagaimana dengan smartwatch?

Google membuat sebuah show reel di mana ini merupakan kumpulan dari beberapa teknologi pengembang yang telah mampu melakukan sistem dengan Soli, termasuk dalam mobil pengenal gesture, deteksi obyek, bahkan alat hands-free komposisi musik.

Google juga telah bekerja untuk menyusutkan ukuran Soli dan secara drastis dapat mengurangi kebutuhan daya, sehingga akhirnya mampu mengelola dan cocok dalam LG Watch Urbane yang telah dimodifikasi.

Kehadiran hardware radar di smartwatch memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat wearable tanpa perlu melakukan kontak dengan layar sentuh yang sangat kecil. Pengguna justru bisa santai melambaikan tangan mereka di udara untuk mengoperasikan smartwatch.

Masih memerlukan waktu yang cukup panjang untuk merealisasikan sebelum teknologi Soli siap untuk diterapkan di perangkat komersial, tetapi tahun lalu telah membawa kemajuan besar, dan ketersediaan developer kit beta tahun depan harus membantu hal-hal terus bergerak sepanjang rencana yang sudah diperhitungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here