Produsen smartphone asal Amerika Serikat, yakni Motorola Mobility kini resmi berpindah kepemilikan. Perusahaan yang awalnya dimiliki oleh Google tersebut kini secara resmi telah menjadi milik perusahaan Cina Lenovo. Untuk membeli Motorola, Lenovo pun rela mengucurkan dana sebesar 2,91 miliar USD atau setara dengan 35 triliun rupiah.

Motorola-Logo

Sebagai langkah awal, Lenovo harus membayar Google sebesar 1,41 miliar USD atau 17 triliun rupiah secara tunai. Selanjutnya, Lenovo akan membayar sisa 1,5 miliar USD atau 18 triliun rupiah dalam tiga tahun ke depan. Proses akusisi ini pun juga melibatkan berbagai paten yang dimiliki oleh Motorola. Total Lenovo akan memperoleh 2000 paten serta merek dagang Motorola.

Langkah akuisisi ini pun tentunya akan sangat membantu Lenovo untuk melakukan penetrasi ke pasar Amerika Serikat. Terlebih saat ini Motorola merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di negeri Paman Sam tersebut. Dan sejak tahun 2013, Lenovo memang ingin lebih banyak terjun ke segmen smartphone dan berencana ingin lebih aktif di pasar Amerika.

Motorola bukanlah satu-satunya perusahaan asal Amerika yang diakuisisi oleh Lenovo. Sebelumnya, pada tahun 2005, Lenovo juga melakukan proses akuisisi serupa dengan membeli divisi THinkPad dari IBM.

via GSM Arena