Saat ini, Google telah mempunyai program smartphone serta tablet Nexus yang menawarkan produk high end. Sayangnya, harga jual Nexus di beberapa negara kerap memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut ada pada negara yang mendukung penjualan Nexus via Google Play dan negara yang tak mempunyai layanan seperti itu. Jadinya, sebagai contoh adalah produk Nexus di Indonesia yang dipatok dengan harga tak jauh berbeda dengan produk smartphone high end lain.

Kini, Google pun meluncurkan program seperti Nexus yang mereka namai sebagai Android One. Tujuan dari program Android One ini adalah menyediakan produk smartphone high end untuk negara-negara kurang berkembang. Dan meski mempunyai spesifikasi yang tinggi, smartphone Android One dari Google itu tetap akan dipasarkan dengan harga yang murah.

android one_1

Seperti halnya Nexus, smartphone Android One akan hadir dengan OS Android stock. Pihak Google juga akan menyediakan update otomatis pada handphone itu. Sebagai tambahan, produsen smartphone bisa menyematkan aplikasi miliknya pada handphone itu.

android one_3

Negara pertama yang bakal memperoleh smartphone Android One adalah India. Google mengatakan kalau Micromax telah siap meluncurkan smartphone Android One yang mempunyai layar berukuran 4,5 inci, dukunga dual SIM card serta mempunyai slot microSD serta fitur FM Radio. Selain Micromax, dua perusahaan India lainnya, yakni Karbonn dan Spice Mobile juga dikabarkan mempunyai minat serupa.

via Ubergizmo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here