Di ajang Google I/O yang berlangsung pada bulan lalu, Google secara resmi mengumumkan proyek Android One yang bertujuan untuk merilis smartphone murah dengan kemampuan tinggi. Dan negara yang bakal menjadi sasaran dari proyek ini adalah negara-negara berkembang, salah satunya adalah India. Dan peluncuran smartphone Android One kabarnya akan dilakukan secara langsung oleh pimpinan Android dan Chrome Google, Sundar Pichai pada bulan Oktober mendatang.

Selain itu, Google juga dikabarkan sudah menyiapkan dana cukup besar untuk mempromosikan proyek terbarunya itu. Dana yang disiapkan itu tak kurang mencapai 100 crore rupee (crore menurut wikipedia adalah salah satu satuan yang digunakan di Asia Selatan dan 1 crore mempunyai nilai 10 juta). Jika dirupiahkan, maka dana tersebut sepadan dengan angka 195 miliar rupiah.

android one_3

Dana sebesar itu akan digunakan oleh Google untuk membantu para partnernya dalam mempromosikan Android One. Handphone Android One sendiri kabarnya akan dipatok dengan harga yang sangat murah, yakni sebesar 100 USD atau sekitar 1,1 juta rupiah. Dan kebijakan ini bakal menjadi yang pertama kalinya dilakukan Google, di mana mereka memberikan dana secara langsung untuk mempromosikan smartphone Android.

Produsen smartphone India yang bakal merilis smartphone Android One antara lain adalah Micromax, Karbonn, Spice, Intex serta Celcom. Smartphone Android One dari Micromax sebelumnya telah sempat dipamerkan Google, hadir dengan layar 4,5 inci, prosesor MediaTek dan dukungan dual SIM card.

via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here