Google+, situs jejaring social terbaru dari Google

Google nampaknya masih belum puas dengan kesuksesan Android dalam meraih minat pasar. Berita terbaru, Google baru saja merilis sebuah situs jejaring social yang notabene akan menyaingi situs-situs serupa seperti Facebook, Myspace, Twitter, dan lain-lain.

Namun pertanyaanya, apa yang membuat Google+ berbeda dengan situsjejaring social lainnya? Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google+:

1. +Circle


+Circle adalah fitur Google+ yang membuat anda dapat berbagi berbagai dengan teman-teman anda. Kadang kala anda ingin berbagi sebuah foto dengan pacar, kekasih atau istri anda, namun tak ingin foto itu diketahui orang lain. Pun juga ketika anda tak ingin bos tempat bekerja anda mengetahui rahasia pribadi anda. Semua hal itu bisa dilakukan dengan adanya +Circle

2. +Sparks

Dengan adanya fasilitas +Sparks, anda dapat menemukan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan anda. Misalnya anda sangat suka dan ingin ngobrol dengan seseorang mengenai fotografi, anda dapat melakukannya di sini.

3. +Hangout

+Hangout adalah layanan video calling yang ditawarkan oleh Google+.
Dengan adanya fitur ini, anda dapat bertatap muka secara langsung dengan orang-orang yang ada dalam “Circle” anda.

4. +Mobile
Fasilitas +Mobile memudahkan anda untuk mengakses Google+ dari mana saja. Cukup online di ponsel anda, maka anda dapat terhubung langsung dengan orang-orang yang ingin anda temui di dunia maya.

5. +Location
+Location adalah sarana untuk memberitahukan kepada orang-orang yang ada di circle anda mengenai posisi anda saat ini. Anda dapat menggantinya kapan saja, misalkan saja anda saat ini sedang makan siang sendirian di restoran, dengan memberi tahu semua orang di circle anda, mungkin anda akan mendapatkan teman makan siang bersama.

6. +Instant Upload
+Instant Upload adalah fasilitas yang membuat anda dapat berbagi video, foto atau hal-hal lain dengan sangat cepat, seperti namanya, instant.

7. +Huddle
+Huddle adalah semacam grup chatting. Dengan +Huddle, anda dapat memberitahukan sesuatu hal dengan sangat cepat kepada orang-orang yang anda inginkan.

8. +You
Dan fasilitas terakhir adalah +You. Google memberikan hal terakhir ini sebagai bentuk privasi Google+ bagi masing-masing orang. Entah apakah anda mau memberitahukan hal pribadi anda kepada public ataupun tetap menyimpanya erat-erat, itu terserah anda sendiri.

Berkaitan dengan dirilisnya Google+ oleh Google, beberapa pihak beranggapan bahwa situs jejaring ini akan menyaingi bahkan mengalahkan Facebook sebagai situs jejaring dengan pengguna terbanyak. Saat ini Google sudah mencatat terdapat 25 juta orang yang sudah menjadi pengguna Google+. Jika angka tersebut dibandingkan dengan jumlah pengguna Facebook, tentu sangatlah kecil. Bayangkan Facebook saat ini memiliki hampir 750 juta Facebooker. Sangat jauh sekali perbedaan antara keduanya. Tapi durasi lama Google bisa mendapatkan 25 juta pengguna tersebut memang fantastis dan langkah awal Google+ untuk menjaring pengguna cukup efektif.

Bayangkan hanya dalam beberapa minggu saja mereka sudah memiliki 25 juta pengguna. Bagaimana jika hal ini terus berlanjut selama sebulan, setahun, atau dua tahun? Tentunya akan menjadi hal tersendiri.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here