Berbagai perangkat elektronik berembel-embel smart nampaknya akan banyak dijumpai di beberapa tahun mendatang. Bahkan nantinya akan ada sebuah contact lens pintar yang bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi gula darah yang ada di dalam tubuh pemakainya.

google-smart-contact-lens

Contact lens pintar tersebut kini tengah dikembangkan oleh Google. Contact lens pintar itu pun didesain agar bisa membantu penggunanya yang merupakan seorang penderita penyakit diabetes. Dengan begitu, penderita diabetes tak perlu repot-repot melakukan tes darah untuk mengetahui kondisi gula darahnya.

Contact lens pintar itu pun dilengkapi dengan sensor gula darah, antena serta chip komputer berukuran mungil. Sistem tersebut nantinya akan memonitor kondisi gula darah dari air mata. Dengan begitu, penggunanya akan bisa mengetahui kondisi tubuhnya secepat mungkin.

Prototype yang ada saat ini mampu mengirimkan sinyal hasil pendeteksian ke perangkat eksternal. Google pun berencana menambahkan LED yang bisa digunakan untuk menandai adanya perubahan status kandungan gula darah.

via Liliputing