Google Umumkan Android Go, Satu Set Aplikasi dan Fitur Untuk Perangkat Low-End

Google Umumkan Android Go, Satu Set Aplikasi dan Fitur Untuk Perangkat Low-End

BeritaTeknologi.com

Pada ajang Google I/O 2017, Google mengumumkan sebuah inisiatif baru untuk perangkat Android entry-level yang disebut Android Go. Ini pada dasarnya satu set fitur dan aplikasi untuk Android, yang telah diatur untuk debut dengan Android O. Inisiatif tersebut dirancang untuk membatasi dua hal penting pada perangkat, yakni sumber daya sistem dan data mobile. Hal ini bertujuan untuk membantu orang-orang di negara berkembang agar memiliki pengalaman mobile yang wajar.

Android Go

Ada tiga komponen utama untuk Android Go: OS itu sendiri, aplikasi milik Google, dan fokus pada aplikasi pihak ketiga yang dioptimalkan. Pertama, OS Android O akan datang dengan optimasi untuk perangkat dengan RAM 1GB atau kurang. Optimasi ini termasuk membatasi penggunaan RAM dan menambahkan lebih banyak pilihan untuk manajemen data.

Manajemen data Android terbaru
Manajemen data Android terbaru

Untuk manajemen data akan dicapai berkat kemampuan baru yang ditambahkan untuk melihat penggunaan data seseorang langsung dari Notification Shade. Google juga mengatakan data statistik ini sekarang dapat ditarik langsung dari operator yang didukung, dan dengan demikian lebih dapat diandalkan dibandingkan implementasi saat ini.

Play Store Go
Play Store Go

Ketika datang ke aplikasi, Google berjanji beberapa layanan miliknya sendiri juga akan mendapatkan perbaikan ulang, yakni versi aplikasi yang hemat data. Fitur Penghemat Data Chrome misalnya, akan diaktifkan secara default di Android Go. Selain itu, aplikasi baru YouTube Go juga akan datang pada Android Go.

Terakhir dan yang spesial adalah Play Store yang eksklusif untuk Android Go. Layanan tersebut dirancang khusus untuk menyoroti aplikasi yang dibangun dengan “Building for Billions”, yakni latihan terbaik untuk pengembang aplikasi, atau  dengan kata lain, dibuat untuk menghemat data dan sumber daya perangkat , seperti Facebook Lite dan Skype Lite.

NO COMMENTS

Leave a Reply