Setelah memperkenalkan Google Allo pada ajang I/O 2016 pada bulan Mei lalu, kini perusahaan mengumumkan aplikasi perpesanan tersebut secara resmi melalui blog resminya. Aplikasi Allo akan menyusul Duo yang telah terlebih dahulu di rilis. Google Allo menawarkan berbagai macam fitur pintar yang pastinya tidak dimiliki oleh layanan perpesanan lainnya.

google-allo-app

Saat ini layanan messaging memang menjadi hal yang sulit dipisahkan dari manusia jaman moderen. Entah itu untuk pergi makan malam atau sekedar kumpul bersama teman, kita sering bergantung pada layanan messaging agar dapat tetap terhubung. Namun terkadang suatu percakapan harus terhenti karena mungkin salah satu lawan percakapan sedang seibuk, sehingga tidak dapat membalas pesan.

Nah, dengan dasar itulah Google menghadirkan layanan perpesanan Allo untuk memberikan bantuan yang pengguna butuhkan. Menurut Google, Allo “dirancang untuk untuk membantu Anda menjaga percakapan tetap berjalan, dengan memberikan bantuan ketika Anda membutuhkannya”.

Selain menggandeng para seniman indenpenden untuk membuat stiker, pengguna juga bisa menggunakan emoji dan dapat mengirim teks berukuran kecil yang mengisyaratkan Anda sedang berbisik atau teks berukuran besar yang menginsyaratkan Anda sedang berteriak. Tentu ini cara yang sangat ekspresif selain menggunakan stiker.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menggeser keatas atau kebawah tombol send atau kirim untuk menentukan ukuran teks. Agar semakin menyenangkan, Allo juga menyediakan built-in drawing tool yang dapat Anda gunakan untuk menggambar atau mencorat-coret foto sebelum dikirimkan.

Seperti pada layanan email Google Inbox, Allo juga membawa fitur Smart Reply. Aplikasi ini mampu memprediksi dan menyarankan teks atau balasan cepat. Pesan balasan otomatis ini akan Anda terima di bawah pesan terakhir. Google Allo akan mempelajari kata yang sering Anda gunakan dengan machine learning seiring waktu Anda menggunakan aplikasi ini dan akan menyesuaikan ekspresi yang sering Anda gunakan dalam percakapan.

Allo akan mendukung Google Assistant, di mana ini membuat aplikasi semakin cerdas. Meski Google Assistant saat ini masih preview, namun Google bakal menghadirkan Bahasa Indonesia dalam layanan ini. Dengan begitu, Anda dapat bertanya pada Google Assistant melalui Allo. Jadi tak perlu lagi membuka aplikasi Google atau browser, karena hanya cukup mengetik @google diikuti dengan kata-kata, maka hasil bisa didapat di Allo.

Aplikasi Allo akan tersedia di Play Store dan App Store dalam beberapa hari mendatang, dan Anda bisa juga mendaftar di awal, sehingga bila aplikasi Allo sudah tersedia maka Anda akan mendapatkan notifikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here