Kebutuhan gaming pada perangkat komputer saat ini nampaknya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari bagi yang gemar atau hobi bermain game. Terlebih dengan spesifikasi perangkat komputer yang menjanjikan akan membuat rasa nyaman dan memberikan tampilan grafis yang memukau.

Namun dengan tingkat mobilitas yang semakin tinggi, para produsen notebook mencoba menghadirkan varian notebook gaming yang dibekali dengan spesifikasi yang tidak biasa juga. Tapi sayangnya, spesifikasi dari notebook gaming saat ini belum ada yang mampu mengungguli kinerja pada perangkat komputer, karena notebook gaming biasanya terkendala masalah panas berlebih alias overheat akibat ruang untuk “bernafas” komponen tersebut sangatlah sempit.

nvidia_980-0

Tapi tidak dengan Nvidia, kali ini mereka memperkenalkan teknologi terbaru mereka, yang memungkinkan bahwa kartu grafis high end mereka seperti, GeForce GTX 980, mampu ditanamkan pada perangkat notebook. Tidak bisa dibayangkan berapa ukuran yang dibutuhkan notebook yang terpasang kartu grafis ini, mengingat ukuran kartu grafis GeForce GTX 980 ini memiliki panjang kurang lebih 30 cm. Itu juga belum termasuk komponen lain seperti motherboard, prosesor, hardisk, atau ssd.

Sebelumnya, Nvidia telah merilis kartu grafis seri tertinggi mereka untuk jajaran notebook, GeForce GTX 980M. Namun, performa yang diberikan hanyalah 75% dari performa GTX 980 yang ada pada perangkat komputer.

Pihak Nvidia mengatakan bahwa dengan arsitektur Maxwell yang tertanam pada kartu grafis GeForce seri 980 ini dan inovasi yang ada, bukanlah sesuatu yang mustahil untuk memboyong GTX 980 ke perangkat notebook. Nvidia juga menawarkan pada para produsen notebook seperti, Asus, MSI, Dell, dan lainnya, untuk menciptakan atau berbagi ide dalam rangka mewujudkan hal ini.

nvidia_980-01

Mungkin notebook yang mengusung kartu grafis ini akan menggunakan power tambahan, mengingat konsumsi daya pada GeForce GTX 980 ini sebesar 165 watt, dan terdapat 8 buah phase power. Berbeda dengan GTX 980M yang hanya terdapat 2 atau 3 phase power. Kartu grafis ini rencananya akan disandingkan dengan notebook dengan layar 17 inci, tentu saja ini untuk menunjang aktifitas gaming akan lebih menyenangkan, terlebih dapat bermain di resolusi Ultra HD alias 4K.

Tidak hanya itu, dalam rangka ditujukan untuk pecinta overclock, Nvidia akan menghadirkan fitur Fan Controll pada notebook yang menggunakan GPU GeForce GTX 980 ini. Hal ini dimaksudkan agar para overclocker ini dapat mengatur seberapa besar putaran kipas pada kartu grafis GTX 980 ini.

Kita tunggu saja kelanjutannya bagaimana bentuk dan ukuran dari notebook yang mengusung kartu grafis monster dari Nvidia ini.

(ND/Nvidia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here