Memori HBM pada VGA card R9 Fury X

Belum lama ini, AMD Radeon telah memperkenalkan produk pengolah grafis terbarunya pada ajang tahunan CES 2016. Tidak tanggung-tanggung, AMD juga memberikan sebuah pengujian dengan VGA card yang setara dengan Nvidia GeForce GTX 950, yang diuji menggunakan game Star Wars: Battlefront 2015. Pada kartu grafis AMD mampu memberikan FPS yang sama dengan GeForce GTX 950 tersebut, namun lebih hemat daya. Kemampuan pengolah grafis yang diberi nama Polaris ini berkat arsitektur baru 14nm FinFET.

polaris-amd

Nah pada awal pengumumannya, AMD tidak memberikan detail dari spesifikasi khusus pada GPU Polaris ini, karena nampaknya AMD memang sengaja ingin memberikan sebuah kejutan. Namun kali ini ada informasi terbaru mengenai GPU Polaris dari AMD ini, yang mana diberitakan oleh WCCFtech, Sabtu (16/1/2016), bahwa AMD Radeon akan menggunakan dua jenis memori pada GPU Polaris.

Yang pertama adalah jenis High Bandwidth Memory 2 (HBM 2) yang mana memori jenis ini mampu memberikan bandwidth yang sangat besar, namun tetap efisien dan rendah daya dalam penggunaannya. Seperti yang kita tahu bahwa memori HBM sendiri telah digunakan oleh VGA card dari AMD Radeon pada seri R9 Fury X, dimana memberikan performa yang cukup menjanjikan, terutama gaming di resolusi 4K. Dengan menggunakan memori jenis HBM, bandwidth yang dihasilkan mampu mencapai 3x lipat.

Memori HBM pada VGA card R9 Fury X
Memori HBM pada VGA card R9 Fury X

Memori HBM 2 ini belum diketahui bagaimana performanya, namun jika menilik dari hasil pengujian lalu, HBM 2 ini nampaknya akan memberikan performa yang menjanjikan. Tapi tidak hanya AMD saja, kabarnya Nvidia juga tengah melirik penggunaan memori jenis HBM 2 ini pada kartu grafis terbarunya.

Kemudian terdapat jenis memori GDDR5 yang akan digunakan pada kartu grafis kelas mainstream. Pasti kita telah mengenal jenis memori ini karena masih banyak digunakan, baik oleh AMD ataupun Nvidia. Kepala bagian teknik marketing AMD, Robert Hallock, mengatakan bahwa penggunaan jenis memori pada GPU Polaris ini sangat fleksibel, tinggal segmen apa yang akan disasar nantinya. Seperti penggunaan memori HBM untuk segmen papan atas, dan GDDR5 untuk kelas mainstream.

AMD Radeon R9 Fury X dengan memori HBM
AMD Radeon R9 Fury X dengan memori HBM

Sayangnya informasi kali ini hanya sebatas itu saja karena dari AMD sendiri masih belum mengungkapkan secara jelas bagaimana detail spesifikasi GPU Polaris ini. Akankah AMD akan bangkit kembali dan merampas kejayaan Nvidia?

(ND/WCCFtech)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here