Di era yang serba digital dan terhubung seperti saat ini, banyak sekali jasa yang ditawarkan melalui konektivitas internet. Tidak hanya berbelanja, namun juga dalam memesan sebuah alat transportasi umum pun juga dapat dipesan melalui layar smartphone dengan beberapa sentuhan saja.

Banyak pelaku bisnis transportasi yang memanfaatkan internet dan perangkat smartphone, untuk memudahkan para penumpang dalam memesan jasa mereka. Seperti salah satunya adalah Grab, yang mana sudah hadir di Indonesia sejak tahun lalu.

grabchat-00

Untuk mempermudah calon penumpang, Grab baru saja meluncurkan pembaruan pada aplikasi mereka, yakni GrabChat. Seperti yang dilansir dari Tech In Asia Indonesia, Selasa (25/10/2016), fitur ini pun ditujukan untuk memudahkan komunikasi antara calon penumpang dengan pengemudi yang hendak menjemput.

Tidak perlu menggunakan pulsa untuk berkirim pesan antara pengemudi dan calon penumpang, karena layanan ini menggunakan jaringan internet. Jadi sangat cocok bagi para calon penumpang yang tidak memiliki cukup pulsa untuk berkirim SMS dengan pengemudi. Selain itu juga, menghindari penyalahgunaan nomor yang dimiliki oleh calon penumpang, seperti digoda atau diancam.

Terdapat template yang dapat digunakan, yaitu berupa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh sang pengemudi atau calon penumpang, Seperti “Saya sudah sampai”, “Saya menuju lokasi” dan masih ada beberapa lainnya. Kedepannya pada aplikasi GrabChat terdapat fitur penerjemah bagi turis mancanegara, sehingga memudahkan komunikasi dengan sang pengemudi.

Fitur ini pun bakal hadir secara bertahap pada aplikasi GrabCar dan GrabTaxi pada perangkat Android dan iOS untuk pengguna di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sedangkan pada layanan seperti GrabBike, GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood bakal hadir dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here