Cortana merupakan sebuah asisten virtual hasil kembangan Microsoft yang tersedia pada Windows 10 secara bawaan. Kini raksasa software telah menggulirkan update terbaru untuk Cortana, yakni berupa setting baru “Special Day” yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai dengan prefensi pengguna.

cortana

Masuk ke pilihan Notebook, Anda akan menjumpai sebuah listing baru bernama “Special Day”, dan ketika Anda memilih opsi itu Anda akan melihat Cortana menawarkan greetings atau salam pada hari tertentu seperti misal hari Natal atau ucapan selamat tahun baru. Ya, ucapan dari Cortana ini memang sesuai dengan tanggal tertentu pada kalender.

Cortana notebook

Seperti yang dilansir dari Phone Arena, Senin (07/12/2015), fitur tersebut tak hanya menyambangi Cortana untuk semua perangkat Windows saja, namun juga tersedia untuk perangkat Android yang telah menginstal aplikasi tersebut. Pengguna Android yang sudah mendaftar pada program uji coba Cortana untuk Android akan mendapat update tersebut.

Cortana Special Day

Selain itu pengguna iPhone juga akan kebagian asisten virtual Cortana yang akan berjalan berdampingan dengan Siri. Sebuah aplikasi dalam versi beta telah disebarkan melalui program Apple TestFlight. Microsoft sendiri tampaknya lebih tertarik dengan Cortana versi iOS ketombang Android, dan mereka memiliki tujuan agar jutaan pengguna Cortana iOS dapat menghubungkan perangkatnya dengan PC Windows 10.

Namun hingga saat ini belum jelas, kapan Microsoft bakal meluncurkan program Cortana untuk iOS dengan versi final, karena telah banyak pengguna iPhone yang menanti-nanti kehadirna Cortana untuk iOS. Dengan begitu, pengguna iPhone juga akan mendapat sapaan atau ucarapn hari spesial.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here