You are currently viewing Hacker bisa Meretas Ponsel Android hanya dengan Mengirim Satu Pesan

Masalah keamanan nampaknya terus menghantui para pengguna smartphone Android. Bahkan kali ini, peneliti dari Zimperium Joshua Drake mengungkapkan kalau seorang hacker bisa meretas ponsel Android cukup hanya menggunakan sebuah pesan yang dikirim melalui aplikasi Hangouts.

hangouts

Drake mengungkapkan kalau celah keamanan pada handphone Android memungkinkan hacker untuk menyembunyikan malware melalui sebuah video singkat. Dan malware tersebut pun bakal langsung bekerja pada saat pesan diterima. Hal ini karena aplikasi Hangouts di Android secara otomatis memproses video masuk yang diterima oleh para penggunanya.

Proses yang terjadi pada aplikasi Hangouts ini pun tentunya sangat membahayakan para pengguna ponsel Android. Terlebih malware pada video tersebut dapat langsung bekerja meski pesan tidak dibuka. Bisa jadi para pengguna ponsel tersebut pun tidak mengetahui kalau handphone sudah diretas oleh hacker.

Drake pun mengatakan kalau perbaikan terhadap celah keamanan ini pun bakal tidak dilakukan dalam waktu dekat. Untuk itu, sebagai langkah preventif, hal yang bisa dilakukan adalah dengan tidak menggunakan Hangouts sebagai aplikasi pesan default.

via Ubergizmo

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply