HafenCity BusRiver, Bus Canggih dari Jerman yang Bisa Berjalan di Darat dan...

HafenCity BusRiver, Bus Canggih dari Jerman yang Bisa Berjalan di Darat dan Air

BeritaTeknologi.com

Di musim hujan seperti saat ini, risiko banjir sangat besar. Terlebih di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Namun, negara seperti Jerman sepertinya bakal tidak bingung dalam menghadapi kondisi banjir seperti di Jakarta atau Surabaya. Alasannya, karena mereka memiliki sebuah bus ampibi yang bernama Hafencity BusRiver.

bus ampibi

Bus canggih yang satu ini sudah berada di Jerman cukup lama, diperkenalkan sejak pertengahan tahun 2016. Sesuai dengan namanya, bus ini tidak hanya bisa digunakan untuk beroperasi di darata, tapi dapat pula dipakai untuk menyeberangi sungai. Bus ini bisa digunakan untuk masyarakat umum yang berada di Kota Hamburg, Jerman.

Dikutip dari Hamburg.de, bus tersebut kini melayani tur wisata berkeliling Kota Hamburg. Para penumpang akan diajak menelusuri setiap penjuru kota dengan durasi selama 80 menit. Bus ampibi ini memiliki kecepatan maksimal sebesar 65 km per jam saat berada di darat dan 7 knot saat di dalam air. Kapasitasnya pun cukup banyak, bisa ditempati untuk 36 orang beserta tiga kru.

Menariknya, layanan tur keliling kota seperti ini bukanlah yang pertama kalinya di Eropa. Menurut penuturan dari operator bus ini, Jan Peter Mahlestedt dan Fred Franken, layanan seperti ini telah ada di beberapa kota besar di Eropa. Termasuk di antaranya adalah London, Rotterdam, serta Lisbon.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply