Jolla Mobile, perusahaan yang mendedikasikan dirinya untuk smartphone berbasis Meego baru saja mencapai kesepakatan dagang dengan salah satu perusahaan retail Cina, D.Phone. Hal tersebut mengindikasikan bahwa sistem operasi yang ditinggalkan oleh Nokia tersebut masih disukai oleh para konsumen.


Jolla Mobile sendiri merupakan perusahaan yang didirikan oleh mantan pegawai Nokia. Dan, beberapa di antaranya adalah mereka yang terjun langsung dalam proyek Meego milik Nokia.

“Cina adalah pasar smartphone yang paling luas dengan perkembangan yang sangat cepat di dunia,” ujar chairman Jolla Mobile, Antti Saarnio. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa penandatanganan kerja sama dengan D.Phone tersebut sebagai langkah positif bagi perusahaannya.

D.Phone sendiri merupakan salah satu retailer handphone dan akesoris terbesar di Cina. Perusahaan ini memiliki lebih dari 2000 toko yang tersebar di seluruh penjuru Cina.

Meego sendiri merupakan sebuah OS berbasis Linux yang dulunya dikembangkan oleh Nokia. Dan, perusahaan yang berbasis di Finlandia tersebut pun sempat mengeluarkan handphone berbasis Meego, yakni Nokia N9. Dan, peluncuran handphone tersebut dianggap oleh banyak pihak sebagai salah satu bentuk kegagalan dari Nokia. Dan, pada beberapa waktu lalu, Nokia pun secara resmi telah memutuskan kerja sama dalam pengembangan OS Meego.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here