Akhir-akhir ini beberapa handphone dengan resolusi full HD datang ke pasaran. Di antaranya adalah HTC J Butterfly dan Oppo Find 5. Dengan resolusi yang lebih tinggi, gambar yang dihasilkan pun akan lebih tajam dan lebih jelas.


Namun, menurut CEO DisplayMate, Dr. Raymond Soneira, handphone yang menggunakan layar HD 720p dan layar full HD 1080p tidak akan memiliki banyak perbedaan. Dia mengungkapkan, pemilik handphone akan bisa melihat perbedaan kualitas gambar kedua jenis handphone tersebut jika memiliki penglihatan sempurna 20/20 atau mendekatkan layar sehingga langsung berhadapan dengan mata.

Dia pun menjelaskan bahwa resolusi 1080p pada smartphone tidak akan menambahkan faktor ketajaman gambar. Hal ini karena foto dan video yang ditampilkan dalam smartphone memiliki piksel yang tersebar dan mengakibatkan adanya efek ‘kabur’ pada resolusi apapun.

Soneira beranggapan bahwa resolusi tinggi pada handphone merupakan tindakan yang sia-sia. Dia mengatakan bahwa kebanyakan mata orang normal tidak bisa membedakan gambar dengan densitas piksel lebih dari 229 ppi.

Namun, bukannya handphone full HD tidak akan memiliki keuntungan. Dia mengatakan, dengan tingginya resolusi pada handphone, maka jumlah piksel yang bisa dihadirkan dalam bentuk email dan situs pun akan lebih banyak.

(Via BGR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here