Setidaknya ada penambahan kapasitas hardisk 10TB terbaru pada kedua model produk hardisk Red dan Red Pro unggulan yang dihadirkan oleh Western Digital baru-baru ini. Dua model hardisk terbaru ini mendukung network-attached storage (NAS) system dan RAID array, termasuk opsi kapasitas 10TB terbarunya yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kapasitas data pada perangkat yang dibangun untuk bisnis rumahan dan menengah.

WD RED 10TB 00
Sejauh ini Western Digital sendiri telah memasarkan lebih dari 15 juta hardisk berisi helium di bawah merek WD dan HGST. Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012, banyak yang mengkhawatirkan kalau HelioSeal akan bocor kemana-mana yang membuat hardisk yang ada tidak berguna, namun pemasaran hardisk menggunakan teknologi tersebut selama lima tahun belakangan ini kabarnya memiliki sejarah keandalan yang mengesankan. WDl kabarnya juga telah mengirimkan 16 juta hardisk bermerek Red dan Red Pro dalam kerangka waktu umum yang sama, dan seri ini telah menjadi favorit bagi pengguna yang membutuhkan hardisk yang dapat diandalkan untuk digunakan pada lingkungan NAS.

Menurut Brendan Collins yang menjabat sebagai vice president untuk unit bisnis perangkat di Western Digital, pada bulan Juli 2012 yang lalu pihaknya telah memperkenalkan model produk hardisk WD Red untuk mengatasi tantangan kinerja, kompatibilitas dan skalabilitas yang unik yang dihadapi para konsumen kalangan bisnis NAS rumahan dan kecil. Lima tahun kemudian dan lebih dari 16 juta hard disk keluarga WD Red telah dihadirkan, pihaknya akan terus memajukan platform yang ada, membawa platform HelioSeal inovatif dan teknologi maju lainnya yang memungkinkan konsumen dapat memenuhi kebutuhan cloud pribadinya sendiri yang terus berkembang.

Model WD Red yang lebih terjangkau mendukung array kecil dan menggunakan motor 5.400 RPM. WD Red 10TB yang baru adalah model pertama yang menggunakan buffer DRAM 256MB yang masif. Dukungan fitur inilah yang memastikan hardisk WD Red 10TB terbaru akan menjadi yang tercepat di lininya sampai saat ini. WD sendiri mengklaim kalau model tersebut dapat mempertahankan kecepatan baca dan tulis cepatnya hingga 210 MB/s. Model hardisk terbaru ini akan dibanderol seharga 494 USD (sekitar 6,57 jutaan rupiah) saat diluncurkan, dan beberapa daftar penjual online kabarnya telah mencantumkan ketersediaan hardisk yang didasarkan press release-nya, termasuk dengan adanya penawaran garansi selama tiga tahun.

Western Digital Red Pro dioperasikan pada sistem NAS yang lebih kecil namun dapat menjangkau jumlah hardisk untuk sistem yang lebih besar. WD merekomendasikan model ini untuk sampai dengan 16 drive dalam array. Seiring bertambahnya jumlah drive, begitu pula getaran di sistem, dan teknologi yang lebih maju harus digunakan untuk mempertahankan keandalan dan kinerja disk. WD Red Pro menggunakan putaran 7.200 RPM dan buffer DRAM 256MB yang sama seperti yang ditemukan pada WD Red 10TB terbaru. Selain tawarkan garansi lima tahun, WD Red Pro 10TB ini kabarnya dibanderol seharga 533 USD atau sekitar 7 jutaan rupiah per unitnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here