Smartphone terbaru dari XiaoMi, yakni Red Rice atau Hongmi menjadi salah satu handphone pintar yang banyak dicari. Tak hanya hadir dengan harga murah sebesar 130 USD, handphone ini juga menawarkan kualitas yang cukup bagus berkat keberadaan prosesor quad core di dalamnya.

Namun, dengan harga sebesar itu, apakah XiaoMi memperoleh keuntungan? Menurut temuan yang diungkapkan oleh lembaga analitik Trend Force, XiaoMi mendapatkan cukup keuntungan dengan harga tersebut. Mereka mengatakan bahwa handphone yang menggunakan prosesor MediaTek MT6589 tersebut hanya membutuhkan biaya material sebesar 85 USD atau sekitar 850 ribu rupiah.

Mereka mengatakan bahwa prosesor MediaTek MT6589 memberikan porsi sebesar 20 persen. Sementara itu layar IPS 4.7 inci yang memiliki resolusi 720 x 1280 piksel menyumbang porsi biaya sebesar 22 persen. Layar tersebut pun hadir dengan densitas piksel 312 ppi, dan lebih baik dibandingkan smartphone dengan harga serupa yang mempunyai densitas sebesar 220ppi.

Sebagai tambahan, Trend Force juga mengatakan bahwa XiaoMi mampu memanage inventarisnya secara lebih baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya RAM sebesar 1GB, kamera utama 8MP serta OS Android Jelly Bean 4.2 pada handphone ini. Padahal dengan harga yang sama, tentunya akan sangat sulit untuk menemukan handphone dengan spesifikasi tersebut.

via Phonearena

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here