Harga Prosesor AMD Zen Paling Murah Dibanderol Mulai 3 Jutaan

Harga Prosesor AMD Zen Paling Murah Dibanderol Mulai 3 Jutaan

BeritaTeknologi.com

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa AMD bakal merilis prosesor mereka dengan arsitektur Zen dalam waktu dekat. Bahkan dari pihak AMD sendiri membenarkan bahwa mereka bakal merilis prosesor flagship tersebut pada Januari 2017 mendatang. Namun kini beredar lagi informasi terbaru mengenai prosesor AMD Zen.

amd-zen-summit-ridge-0

Seperti yang dilansir dari KitGuru, prosesor dengan arsitektur Zen ini bakal mengusung nama awalan “SR”. Jelas nama tersebut mengacu dari nama Summit Ridge, yang telah diumumkan AMD pada ajang Computex 2016 lalu. Kabarnya varian tertinggi dari prosesor ini adalah SR7 dengan jumlah otak atau core sebanyak 8 dan 16 thread.

Informasi ini berdasarkan dari partner AMD, MAXSUN, yang juga membantu AMD dalam memproduksi motherboard dengan platform AM4. Untuk prosesor SR7 diinformasikan bakal dibanderol sekitar 300 USD atau sekitar 4 juta Rupiah, serta bakal menjadi prosesor pertama yang diluncurkan pada 17 Januari mendatang.

amd-zen-summit-ridge-1

Tak hanya itu saja, kabarnya SR7 ini juga bakal ditemani dengan dua varian lainnya, yakni SR3 dan SR5. Untuk detailnya sayangnya masih belum diketahui secara pasti berapa core yang bakal terdapat pada kedua prosesor tersebut. Namun diperkirakan harga termurah untuk SR3 berada pada kisaran harga 220 USD atau sekitar 3 juta Rupiah.

Untuk kecepatanya, prosesor AMD Summit Ridge ini bakal memiliki base clock sekitar 3,3Ghz dengan boost clock sebesar 3,5GHz. Namun AMD menegaskan bahwa prosesor mereka dapat menyentuh kecepatan 4,2GHz dengan mudah melalui overclock, meskipun menggunakan pendingin bawaan.

Sepertinya persaingan AMD dan Intel bakal kembali memanas, mengingat Intel sendiri juga bakal merilis prosesor generasi ke-7 mereka, Kaby Lake, yang kabarnya juga diluncurkan pada bulan yang sama.

NO COMMENTS

Leave a Reply