Beberap waktu lalu, Nvidia merilis ulang tablet besutan mereka, Nvidia Shield, dengan nama baru Nvidia Shield Tablet K1. Pada tablet tersebut, mengusung SoC Nvidia Tegra K1 yang mana chip dengan kemampuan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

shield-k1-0

Namun kini beredar sebuah bocoran hasil benchmark dari aplikasi pengujian sintetis, Geekbench, yang menunjukan Nvidia tengah mempersiapkan tablet terbaru mereka. Dikutip dari Phone Arena, Kamis (26/11/2015), hasil benchmark tersebut mengacu pada Nvidia Tablet Shield X1.

Pada uji benchmark Geekbench, ditampilkan detail berupa penggunaan layar seluas 8 inci yang memiliki resolusi 1920×1200. Yang lebih mengejutkan adalah, penggunaan SoC Nvidia Tegra X1. Perlu diketahui bahwa Nvidia telah memperkenalkan SoC Tegra X1 pada awal tahun 2015 lalu. Bahkan mereka berani menjanjikan bahwa peningkatan performa yang dihadirkan pada Nvidia Tegra X1 sebesar dua kali lipat dibanding dengan Tegra K1, terutama pada performa pengolahan grafisnya.

shield-x1-bench-0

Selain itu ditunjukan juga RAM sebesar 3GB, yang mana 1GB lebih besar dibanding dengan Nvidia Tablet Tegra K1. Juga tidak ketinggalan adanya penggunaan sistem operasi terbaru dari Google, Android 6.0 Marshmallow.

Sedikit yang membingungkan adalah, pada hasil pengujian tersebut hanya disebutkan bahwa Nvidia Tegra X1 hanya memiliki 4 inti saja, yang terdiri dari Cortex-A57 yang berjalan pada kecepatan 1,9GHz. Padahal, saat awal tahun lalu Nvidia mengatakan bahwa, seharusnya Tegra X1 ini memiliki 1 cluster tambahan lagi yang disokong oleh Cortex-A53. Sehingga harusnya Nvidia Tegra X1 ini memiliki 8 inti.

Selain itu, tertulis pada bagian kamera depan dan belakang bahwa Nvidia Shield Tablet X1 ini tidak mendukung. Sangat aneh untuk tablet sekelas Nvidia Shield tidak dibekali dengan kamera. Mungkin saja karena masih bersifat percobaan, jadinya masih terlihat belum sempurna.

tegra-x1

Sebenarnya penggunaan SoC Nvidia Tegra X1 ini pertama kali justru diusung oleh tablet dari Google, Pixel C, yang diperkenalkan belum lama ini. Namun hingga artikel ini ditulis, masih belum ada kabar lebih lanjut atau bocoran dari performa tablet Google tersebut. Namun bisa dipastikan bahwa performa grafis dari SoC Tegra X1 ini sangat luar biasa, mengingat SoC Tegra K1 pada Nvidia Shield Tablet K1 saja diincar oleh para gamer. Apalagi dengan peningkatan performa dua kali lipat, membuat para gamer menunggu kehadiran dari tablet yang mengusung SoC Nvidia Tegra X1 ini.

(ND/Phone Arena)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here