Belum lama ini Nvidia telah mengumumkan jajaran kartu grafis terbarunya, yakni GeForce GTX 1080 dan GTX 1070. Dengan mengusung arsitektur terbaru, Pascal, kartu grafis ini juga disebut-sebut bakal menggeser posisi pendahulunya, GeForce Titan X. Semakin mendekati perilisannya yang akan jatuh pada tanggal 26 Mei mendatang, semakin banyak informasi-informasi terbaru dari kartu grafis seri tertingginya, GeForce GTX 1080.

nvidia_geforce_gtx_1080

Seperti yang dilansir dari Videocardz, Jumat (13/5/2016), disebutkan bahwa baru saja beredar sebuah bocoran mengenai hasil benchmark dari kartu grafis GeForce GTX 1080. Pada hasil pengujian yang menggunakan aplikasi 3D Mark tersebut terpampang bahwa GeForce GTX 1080 mampu mengungguli GeForce Titan X. Bahkan skor 3D Mark dari GeForce GTX 1080 melesat jauh dari kompetitiornya, AMD Radeon Fury X.

NVIDIA-GeForce-GTX-1080-3DMark-0

Disebutkan bahwa pada pengujian tersebut tidak ada satupun kartu grafis yang di-overclock alias masih menggunakan clock standar bawaan pabrik. Bisa kita lihat juga bahwa GeForce GTX 1080 ini dua kali lipat dari seri sebelumnya, GeForce GTX 970.

NVIDIA-GeForce-GTX-1080-FireStrike-0

Tingginya angka pada hasil pengujian Nvidia GeForce GTX 1080 ini diperkirakan karena core clock bawaan dari kartu grafis ini bisa dikatakan besar, 1.860MHz. Apalagi menggunakan jenis memori terbaru dengan kapasitas yang besar, 8GB GDDR5X, memungkinkan kartu grafis ini mencetak angka tinggi. Dikatakan juga bahwa kartu grafis ini mampu mencapai core clock sebesar 2,1GHz alias 2.100MHz dalam keadaan ter-overclock, bahkan menggunakan pendingin kipas bawaan.

Nah bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin merasakan keganasan dari kartu grafis terbaru dari Nvidia GeForce GTX 1080 ini perlu bersabar beberapa hari. Yang menarik adalah kartu grafis ini sudah dapat dipesan secara pre-order di Indonesia.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here