Bulan lalu, Qualcomm telah mengumumkan berita yang cukup menarik perthatian, di mana perusahaan ini meluncurkan SoC baru untuk segmen mid-range, yakni chipset Qualcomm Snapdragon 675. Chipset baru tersebut merupakan saudara dekat dari chipset Snapdragon 670 dan 710, tapi itu dibangun di atas node 11nm (sebagai lawan 10nm) dan chipset terbaru ini mengusung core Kryo generasi keempat milik Qualcomm.

Hari ini, smartphone pertama yang menjalankan chipset terbaru itu telah muncul di Geekbench dan sayangnnya tidak diketahui smartphone apa yang menggunakan chipset tersebut. Namun hasil benchmark kali ini memberikan sekilas tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan oleh CPU chipset.

Berdasarkan hasil benchmark di GeekBench, core CPU generasi baru dari Qualcomm membuat semua perbedaan dan Snapdragon 710 jatuh di kedua pengujian. Untuk pengujian single-core chipset ini mencetak skor 2267, dan untuk multi-core mencetak skor 6103.

Pada dasarnya, chipset Snapdragon 675 menggunakan desain core 2 + 6 yang sama, tetapi bukannya 2x Cortex-A75 seperti di Snapdragon 710 dan 670, SD675 mengadopsi ARM Cortex-A76 core baru. Selain itu, Snapdragon 675 menggunakan GPU Adreno 612 yang kurang kuat dibandingkan saudaranya meskipun, Qualcomm mengatakan telah dioptimalkan untuk performa gaming yang lebih baik.

Hasil benchmark di Geekbench memang tidak mengungkapkan banyak hal dari perangkat tersebut, namun diketahui bahwa perangkat tersebut menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dan memiliki RAM 4GB. Tentunya kita harus bersabar lagi karena smartphone yang mengusung chipset Snapdragon 675 akan keluar dalam beberapa bulan mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here