Pada saat peluncuran awalnya, Windows RT merupakan turunan dari Windows 8. OS ini berjalan pada platform prosesor berbasis ARM namun tidak memungkinkannya untuk menggunakan semua aplikasi Windows 8. Windows RT hanya bisa menjalankan aplikasi yang berasal dari Windows Store.

Dengan keterbatasan tersebut, para hacker pun merasa sangat penasaran dengan Windows RT. Dan baru-baru ini, seorang hacker bernama Clrokr telah berhasil melakukan jailbreak terhadap platform Windows RT.

Dalam usahanya, Clrokr berhasil menemukan adanya cara untuk melewati security check yang ada pada Windows RT. Hasilnya, Windows RT hasil jailbreak tersebut pun mampu menjalankan aplikasi yang tidak ditandai oleh Microsoft. Dengan artian lain, dia mengungkapkan bahwa Windows RT sama dengan Windows 8.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa satu-satunya perbedaan antara Windows RT dan Windows 8 adalah standar pengecekan keamanan. Setelah proses pengecekan tersebut dilewati, maka Windows RT tidak ubahnya seperti Windows 8.

Sayangnya, hasil jailbreak yang dilakukan oleh Clrokr ini masih butuh pengembangan lebih lanjut. Kenapa? Karena jailbreak yang dilakukannya tidak bisa bertahan setelah tablet atau komputer direstart, dan harus mengulangi kembali proses jailbreak.

(Via Phonearena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here