Pada saat memegang sebuah iPhone, kerap muncul kebanggaan tersendiri jika dibandingkan memakai smartphone Android. Selain desainnya yang keren, nama Apple yang sudah tersohor juga menjadi alasan lainnya. Namun tunggu dulu. Jangan terlalu bangga dengan iPhone kesayangan. Terlebih, menurut sebuah penelitian, terbukti iPhone ternyata mempunyai kemampuan menangkap sinyal yang jelek.

sinyal iphone

Penelitian ini dilakukan di negara Denmark oleh Danish Energy Agency. Dalam penelitian tersebut, mereka menggunakan total sebanyak 26 smartphone yang bisa dijumpai di negara yang terletak di Eropa Utara tersebut. Terdapat dua hal yang menjadi sorotan. Yakni penggunaan smartphone untuk layanan suara dan layanan data. Untuk pengujian layanan suara, dilakukan dengan dua metode, yakni metode pemakaian ponsel dengan tangan kiri dan tangan kanan.

Pengujian iPhone-1

Hasilnya sangat mengejutkan. Pada saat pengujian layanan suara dengan tangan kanan, ponsel yang mempunyai kemampuan menangkap sinyal paling baik di negara Denmark adalah samrtphone HTC Desire 626 disusul oleh dua smartphone Android milik Samsung, yakni Galaxy S5 mini dan Galaxy J1. Sementara itu yang berada di posisi keempat dan kelima masing-masing adalah Lumia 640 serta DORO PhoneEasy 530X.

Bagaimana dengan iPhone? Pada percobaan ini, terdapat empat jenis iPhone yang diuji, yakni iPhone 6S Plus, iPhone 6, iPhone 6S serta iPhone SE. Pada pengujian layanan suara ini, iPhone 6 Plus punya kualitas terbaik, berada di posisi 12. Sementara itu iPhone 6S dan iPhone SE, tercecer di peringkat 22 dan 23.

Pengujian iPhone-2

Hasil lebih buruk terjadi pada saat pengujian sinyal ponsel dengan metode pemakaian tangan kiri. Empat iPhone yang diuji pada percobaan ini semuanya berada di posisi terbawah. Berturut-turut iPhone SE, iPhone 6, iPhoen 6S dan iPhone 6S Plus yang ada di posisi 23 sampai 26.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here