Sistem operasi Windows dikenal sebagai sistem operasi terpopuler. Namun, siapa sangka, di waktu yang bersamaan para pengguna komputer berbasis Windows adalah sosok yang tidak mempedulikan keamanan komputer yang digunakannya sehari-hari. Pernyataan ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Duo Security.

pc-windows-10

Menurut hasil penelitian Duo Security, terbukti bahwa para pengguna komputer Windows sama sekali tidak mempertimbangkan masalah keamanan data yang tersimpan di PC miliknya. Mereka mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak pengguna Windows yang masih memilih untuk menggunakan PC berbasis Windows 7. Bahkan, tak sedikit pula yang masih memakai OS Windows XP.

Mereka mengungkapkan, sistem operasi Windows 7 yang diluncurkan pada tahun 2009, diketahui memiliki sebanyak 600 celah keamanan. Meski begitu, ternyata PC Windows 7 masih menjadi pilihan utama mayoritas pengguna komputer di dunia, dengan prosentase mencapai angka 65 persen di seluruh dunia.

Sementara itu, Windows XP memiliki celah keamanan yang jauh lebih banyak, mencapai 700 celah keamanan. Bahkan, termasuk di antaranya adalah 200 celah keamanan yang memperoleh label kritis. Tidak hanya itu, para pengguna Windows XP ternyata juga memakai browser Internet Explorer yang sudah tidak lagi mendapatkan perhatian dari Microsoft.

Fenomena ini menjadi tantangan yang sangat berat bagi Microsoft. Terlebih, Windows 10 diluncurkan oleh Microsoft dengan mengandalkan fitur keamanannya. Namun, dengan kebiasaan seperti ini, nampaknya fitur itu akan disia-siakan dan tidak diperhatikan oleh para pengguna produk Microsoft.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here