You are currently viewing Hasil Studi: Apple Maps Memiliki Risiko Kesalahan Petunjuk Arah Tiga Kali Lebih Besar Dibanding Google Maps

Hasil Studi: Apple Maps Memiliki Risiko Kesalahan Petunjuk Arah Tiga Kali Lebih Besar Dibanding Google Maps

Kedatangan Google Maps ke platform ioS 6 benar-benar menjadi hal yang patut untuk disyukuri. Hal ini karena performa Apple Maps yang merupakan aplikasi peta default pada iOS 6 masih belum mempunyai kinerja yang maksimal.

Dan, hal ini pun diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh CrowdFlower. Mereka mengatakan bahwa Apple Maps memiliki risiko tiga kali lebih besar melakukan kesalahan dalam penunjukan arah dibandingkan jika memakai Google Maps.

Mereka pun sudah membuktikan hal tersebut dalam penelitiannya. Dalam studinya, CrowdFlower membandingkan tiga aplikasi peta, yakni Bing, Apple Maps dan GOogle Maps. Selain itu, mereka juga menggunakan 1000 pusat bisnis di Amerika Serikat serta 100 tempat yang tersebar di Inggris. Dari situ, CrowdFlower melihat kinerja masing-masing aplikasi peta.

Dan, hasilnya, Apple Maps memiliki performa yang paling buruk. Apple Maps hanya mampu menunjukkan 75 persen pusat bisnis yang diminta. Sementara itu Bing sedikit lebih baik dengan prosentase sebesar 80 persen dan Google Maps sebesar 85 persen.

Berikutnya, mereka juga menguji akurasi petunjuk arah yang diberikan oleh masing-masing aplikasi. Dari situ, Apple Maps kembali tampil sebagai yang terburuk dengan tingkat kesalahan petunjuk mencapai 3-4 persen. Sementara itu Bing memiliki prosentase kesalahan 1.5 persen dan Google Maps hanya 1 persen.

(Via Ubergizmo)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply