Aplikasi Facebook Lite menjadi solusi bagi para pengguna smartphone untuk mengakses jejaring sosial Facebook dengan kuota data internet yang hemat. Namun siapa sangka, ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan hal tersebut. Mereka pun membuat sebuah aplikasi Facebook Lite palsu yang di dalamnya telah tertanam virus trojan.

facebook lite palsu

Laporan dari Malwarebytes Labs pun mengungkapkan hal ini. Mereka mengatakan kalau virus trojan pada aplikasi Facebook Lite palsu memiliki risiko untuk melakukan pencurian data pribadi. Mereka pun sudah menemukan buktinya. Sebuah aplikasi Facebook Lite yang di dalamnya ada virus Android/Trojan.Spy.FakePlay.

Secara penampilan dan performa, tidak ada hal yang berbeda antara Facebook Lite palsu dengan asli. Hanya saja, aplikasi palsu menggunakan receiver (com.google.update.LaunchReceiver) dan layanan (com.google.update.GetInst). Hal ini dipakai sebagai cara untuk mengakali Google Update. Keduanya pun bakal berjalan pada saat ponsel dinyalakan. Selanjutnya, virus pun akan mencuri data pribadi di ponsel dan mengirimkannya kepada server yang telah tersedia.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari bahaya dari aplikasi Facebook Lite palsu ini? Tidak terlalu sulit. Pastikan untuk mengunduh sebuah aplikasi dari toko aplikasi tepercaya. Dalam kasus ini, Facebook Lite palsu ini diketahui tersebar luas di negara Cina. Penyebarannya pun kian masif, terutama karena pemerintah Cina membatasi akses Google. Jadi, pengguna smartphone Android di Cina tidak bisa membuka Google Play dan terpaksa harus mengunduh dari toko aplikasi alternatif.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here