(Kredit: Victoria Zoo)

Siapa yang tak mengenal Orangutan, primata endemik Indonesia ini memang dikenal sebagai salah satu kerabat yang paling dekat dengan manusia. Dan kini, salah satu Orangutan yang berada di kebun binatang Melbourne, Australia sedang belajar memainkan game di Xbox.

(Kredit: Victoria Zoo)
(Kredit: Victoria Zoo)

 

Dalam foto dan video yang diambil oleh University of Melbourne’s Microsoft Research Centre for Social Natural User Interfaces, terlihat seekor Orangutan jantan bernama Malu sedang asyik bermain game di Xbox yang disediakan oleh tim peneliti.

Primata berusia 12 tahun ini menjadi salah satu primata yang ikut dalam program penelitian untuk meningkatkan kecerdasan, kejiwaan, serta interaksi sosial saat sedang di dalam penangkaran. Pada penelitian tersebut, mereka menggunakan sistem sensor Kinect 3D yang terpasang pada konsol Xbox.

Primata tersebut akan diperkenalkan dengan sebuah game yang dikendalikan melalui sensor gerakan. Malu terlihat sangat menikmati game tersebut dan tergolong aktif menyentuh setiap titik yang diproyeksikan ke lantai.

Seperti yang dikutip dari Huffington Post, Kamis (4/2/2016), salah satu ilmuwan yang tergabung dalam penelitian itu mengatakan, “Malu akan mendekati titik merah yang terproyeksi ke lantai dan menciumnya. Titik itu akan meledak dan muncul ditempat lain, dan dia akan kembali mencium titik tersebut,”.

Salah satu peneliti mengatakanm ide dari penelitian ini dimulai ketika para penjaga kebun binatang melakukan program pengayaan menggunakan lukisan dan tablet. Namun kemapuan Orangutan masih terbatas, sehingga para penjaga harus memegangi tablet agar tidak terbelah menjadi dua.

Game yang dimainkan oleh Malu ini memang tergolong game dengan tingkat yang sangat sederhana. Namun tidak menutup kemungkinan, Malu dapat memainkan game dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi, sehingga dapat beradu permainan dengan manusia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here