Siapa yang tahu merek Patriot? Merek yang merilis beberapa komponen untuk komputer seperti RAM dan SSD ini selalu menghadirkan dengan harga yang bersahabat. Nah pada ajang CES 2016 ini, Patriot juga ingin mengenalkan sekaligus merilis SSD terbaru dari mereka. Kali ini bukanlah SSD yang bentuknya mirip dengan hard disk laptop, namun SSD dengan slot PCIe, yang mana sedang ramai-ramainya.

patriot

Dilansir dari Guru3D, Rabu (6/1/2016), Patriot merilis 2 varian SSD yang menggunakan slot PCIe. SSD dengan nama Hellfire ini menjadi SSD pertama Patriot, yang mengusung slot PCIe pertama dari Patriot. Varian dari keduanya adalah dengan menggunakan slot M.2 PCIe dan slot PCIe AIC (Additional In Card), yang letaknya sendiri tidak jauh dari slot PCIe untuk VGA card. Tidak seperti SSD pada umumnya, SSD dengan slot PCIe ini mampu memberikan kecepatan yang lebih cepat.

Untuk spesifikasinya, untuk Patriot Hellfire dengan slot PCIe M.2 ini telah menggunakan interface Gen3 x4 dan adanya fitur NVM 1.2, SSD ini yang mampu memberikan kecepatan baca hingga 600MB/s, dan kecepatan bacanya mencapai 2200MB/s atau 2,2GB/s. Kecepatan tersebut dapat dicapai berkat controller Phison 5007 dan MLC NAND. Pilihan kapasitasnya pun beragam mulai dari 240GB, 480GB, dan 960GB.

Sedangkan untuk varian Hellfire dengan slot PCIe AIC, SSD ini mampu memberikan kecepatan lebih cepat. SSD ini sangat cocok bagi Anda yang haus akan performa dan membutuhkan SSD yang memiliki transfer data yang cepat. Hellfire dengan PCIe AIC ini mampu mencapai angka 2200MB/s untuk kecepatan menulisnya, sedangkan kecepatan membaca, SSD ini mampu mencapai hingga 3000MB/s atau 3GB/s, dan semuanya berkat controller Phison 5007 dan MLC NAND, sangat kencang bukan? Kapasitasnya pun tidak berbeda dengan Hellfire ber-slot M.2, yaitu sebesar 240GB, 480GB, dan 960GB.

Soal ketersediannya, Patriot mengatakan bahwa SSD Hellfire ini akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Sayangnya, mereka tidak menyebutkan kisaran harga untuk membawa pulang SSD kencang ini.

(ND/Guru3D)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here