Ketika HMD global mulai menjual Nokia 6, yang merupakan smartphone pertama dengan brand Nokia semenjak lepas dari Microsoft, itu merupakan perangkat yang menarik banyak perhatian. Pada awal peluncurannya, perusahaan menjanjikan bahwa perangkat Nokia akan mendapatkan update OS Android secara serius. Kini perusahaan tampaknya memenuhi janjinya, dimana smartphone Nokia 3, 5, dan Nokia 6 akan mendapatkan pembaruan ke Android O. Tak hanya untuk smartphone yang sudah diumumkan saja, karena tampaknya hal ini juga berlaku bagi perangkat HMD lain yang belum diumumkan.

HMD Nokia Android O

Di sisi lain, Google sendiri masih bermain-main dengan Android O, dimana OS Android selanjutnya itu belum juga diumumkan, bahkan nama resminya juga belum diketahui (meskipun banyak yang menduga akan menjadi Android Oreo). OS Android O sendiri dijadwalkan akan dirilis pada kuartal ketiga tahun ini, dan kemudian butuh waktu beberapa saat bagi HMD untuk membuat porting OS tersebut ke smartphone Nokia terbaru. Perusahaan sendiri tidak mengungkapkan berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk membuat porting Android O.

Diharapkan proses porting dan implementasi OS Android baru tidak menyita waktu yang lama, sehingga ponsel Nokia akan menjadi smartphone yang mendapatkan OS terbaru pertama, atau setidaknya di awal setelah perilisan OS Android O. Setelah berjalan di Android O, Project Treble yang digarap Google harus menawarkan pembaruan yang lebih cepat untuk selanjutnya. Proyek tersebut digarap oleh raksasa Google agar semakin mempermudah pihak ketiga membuat update OS baru untuk perangkatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here