Pada tahun lalu, Google memang telah mengumumkan fitur baru yang dimiliki oleh Chromebook, laptop berbasis Chrome OS. Fitur itu adalah kemampuan untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi Android. Dan saat ini, Google pun secara gamblang mengungkapkan kalau semua produk Chromebook terbaru dipastikan memiliki dukungan tersebut.

chromebook android

Sebelumnya, hanya terdapat beberapa jenis Chromebook yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android. Hingga akhir tahun 2016, terdapat tiga Chromebook yang memiliki kemampuan ini, yakni Acer Chromebook R11, Asus Chromebook Flip, serta Chromebook Pixel milik Google.

Namun, pada tahun yang baru ini, hal itu telah berubah. Google mengungkapkan kalau semua jenis produk Chromebook terbaru dari berbagai merek akan memiliki kemampuan ini. Bahkan, di setiap Chromebook tersebut akan tersedia toko aplikasi semacam Google Play. Di sana, pemilik Chromebook bisa mengunduh aplikasi Android secara langsung.

Juru bicara Google kepada CNET mengungkapkan kalau aplikasi Android untuk Chromebook memiliki desain yang berbeda dengan aplikasi untuk tablet ataupun smartphone. Mereka pun telah berniat untuk meluncurkannya pada tahun ini. Meski sayangnya, tidak akan langsung tersedia ‘out of the box’.

Hal ini masih harus bergantung pada peluncuran Chromebook tersebut dan momen keluarnya Android Apps on Chrome OS dari versi Beta. Sayangnya, Google belum memberikan kepastian terkait hal ini. Namun, mereka berjanji akan mengungkapkan informasi update terbaru dalam waktu dekat.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here