Setelah render dari HTC Bolt beredar baru-baru ini yang tampil mirip dengan HTC 10, kini muncul lagi rumor yang mengatakan jika smartphone tersebut akan mengikuti jejak Apple iPhone 7 dengan menghilangkan jack headphone. Berita ini awalnya muncul dari @LlabTooFeR dan kemudian di-retweet oleh Evan Blass yang besar kemungkinan bahwa kabar tersebut memang benar.

htc-bolt

Jika dilihat dari render itu sulit untuk dipastikan apakah ponsel ini memiliki jack headphone atau tidak hanya karena tidak menunjukkan bagian atas atau bawah ponsel, sehingga saat ini hanya bisa menebak. Namun @LlabTooFer dan Evan Blass telah dikenal dalam memberikan bocoran yang akurat, sehingga kemungkinan besar bahwa rumor ini adalah benar.

Terlepas dari benar atau salah, namun harus dikatakan jika berita ini memang benar maka HTC tidak akan menjadi manufaktur Android pertama yang menghilangkan headphone jack. Ada setidaknya tiga produsen smartphone Android yang telah melakukan hal ini sebelumnya, termasuk Oppo, LeEco, dan Motorola, sehingga HTC tidak akan benar-benar menjadi yang pertama melakukan hal ini. Selain itu, tampaknya para pelaku industri ini bergerak untuk bergeser dari standar lama ke sebuah standar baru, yakni USB-C.

Sebelumnya, hilangnya headphone jack pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sempat menimbulkan kemarahan dari para pengguna, namun anehnya hal ini tidak menimbulkan kemarahan jika perusahaan lain yang melakukannya. Seperti yang kami katakan, tampaknya pergeseran ke arah standar baru (USB-C) bakal segera diikuti oleh pelaku lain, di mana Samsung juga dikabarkan bakal menghilangkan port audio jack 3.5 mm pada Galaxy S8.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here