HTC merupakan salah satu produsen smartphone yang memiliki kualitas bagus, namun penjualan smartphone miliknya sedang tidak berjalan dengan baik. Tak ingin putus asa dengan nasib penjualan smartphone miliknya yang kalah bersaing dengan para kompetitor, perusahaan ini memproduksi produk lain yakni headset VR.

Perusahaan asal Taiwan ini memang menjadi salah satu pelopor headset VR, dan perusahaan memiliki divisi khusus yang bernama Vive. Pada ajang CES, perusahaan telah memperkenalkan dua headset VR baru yang bernama Vive Pro Eye dan Vive Cosmos.

Untuk Vive Pro Eye sendiri mengintegrasikan pelacakan mata, menampilkan navigasi menu pelacakan dengan tatapan mata dan menghilangkan kebutuhan akan pengontrol. HTC mengatakan itu “sebuah evolusi dalam ruang VR” yang memberi tahu Anda siapa yang dituju. Intinya, tujuan dari bisnis ini adalah membuat pelatihan simulasi menjadi lebih baik.

Vive Pro Eye juga memiliki “render foveated” yang katanya akan memberi Anda kualitas visual yang lebih baik di dalam headset. Ini berarti bahwa gambar ‘mengikuti’ Anda ke mana pun Anda melihat, tidak terkunci di tengah layar. Jadi di mana pun Anda melihat, Anda selalu mendapatkan gambar yang tajam. Anda sekarang bisa menyesuaikan pandangan dengan tatapan mata dan tidak usah terlalu sering menggerakan kepala. Nantinya, headset akan melacak apa yang Anda lihat, menggunakan titik data tersebut untuk analitik.

Sedangkan untuk Vive Cosmos memiliki pelacakan luar-dalam dari empat kamera dan layar flip-up, yang sama sekali tidak memerlukan pelacakan eksternal. Perusahaan sendiri membuat perangkat ini sebagai headset yang dapat digunakan di mana saja, dan tentunya harus bekerja pada PC dengan hardware tinggi, namun untuk detailnya masih belum diketahui.

Untuk motion controller telah didesain ulang dan sekarang lebih menyerupai Oculus Touch daripada Vive wands pada generasi sebelumnya. Dengan keduanya, Anda mendapatkan cincin pelacak dan joystick, serta beberapa efek cahaya yang tentunya menambah sensasi.

Vive Cosmos akan menjalankan Vive Reality System, yang merupakan desain ulang dari software Vive yang akan membuat perpindahan pengalaman VR lebih mulus dari sebelumnya. Menurut kabar dari HTC, Viveport Infinity adalah langganan bulanan baru yang akan memberi Anda akses ke lebih dari 500 game dan aplikasi dan ini akan tersedia pada 5 April 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here