Saat ini OS Android dan iOS mungkin mendominasi pasar smartphone dan tablet karena OS dari dua raksasa teknologi tersebut memiliki jutaan aplikasi yang tersedia di toko aplikasi masing-masing platform. Namun ketika berbicara soal wearable, para produsen masih bebas memilih platform apa yang ingin mereka gunakan, seperti Android Wear yang sifatnya juga masih open source. Namun keberadaan OS Tizen di perangkat wearable juga tidak bisa diremehkan, karena platform ini memilki performa yang baik pada perangkat wearable serta menjadi foavorit banyak pengguna.

huawei-watch-29

Sementara wearable Samsung Gear S series yang setia menggunakan OS Tizen, tampaknya Samsung tidak ingin sendirian dalam menggunakan OS kembangannya itu, karena Huawei baru-baru ini dikabarkan bakal segera bergabung dengan Samsung untuk menghadirkan wearable baru berbasis OS Tizen.

Menurut rumor terbaru, Huawei dikatakan tengah menggarap sebuah smartwatch baru berbasis OS Tizen, dan mengingat bahwa Huawei adalah salah satu mitra awal Tizen, kami kira ini masuk akal. Meski kemungkinan besar Huawei bakal mengadopsi OS Tizen pada smartwatch terbarunya, namun perlu di ingat bahwa ini masih sebuah rumor.

Langkah Huawei yang ingin menggunakan OS Tizen karena sepertinya raksasa China itu tidak terlalu senang dengan Platform Google Android Wear. Hal ini didasari oleh tidak memungkinkannya untuk banyak ruang gerak ketika berbicara soal kustomisasi, dan rupanya Tizen bisa menjadi alternatif yang baik untuk itu.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi lain mengenai kapan smartwatch Tizen ini bakal meluncur, namun kabar terakhir dari Huawei menyatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk merilis smartwatch tersebut pada tahun ini, jadi kemungkinan awal tahun 2017 kita baru bisa melihat perangkat ini jika benar-benar akan diluncurkan oleh perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here