Seperti yang kita ketahui, raksasa OS di dunia saat ini adalah Android milik Google. Bahkan mayoritas smartphone di China juga menggunakan Android, di mana layanan Google hampir tidak didukung di negara tersebut. Tentunya banyak produsen smartphone yang lebih suka menggunakan OS milik mereka sendiri karena itu berarti lebih banyak kontrol atas apa yang bisa dilakukan dan apa yang masuk ke dalamnya, namun tetap saja hal itu masih sulit untuk menghancurkan genggaman Google.

Meski dirasa cukup sulit, namun tampaknya Huawei lebih dari siap untuk hal itu. Menurut CEO Huawei, Richard Yu dalam wawancara dengan German Welt mengatakan bahwa perusahaannya telah benar-benar membangun dan mengembangkan sistem operasi mereka sendiri jika suatu hari nanti muncul keadaan bahwa Android tidak lagi tersedia bagi mereka.

Menurut Richard, “Kami telah menyiapkan sistem operasi kami sendiri. Jika akan terjadi bahwa kita tidak dapat lagi menggunakan sistem ini (Android), kita akan siap. Itu rencana kami B. Tapi tentu saja kami lebih suka bekerja dengan ekosistem Google dan Microsoft. ” Huawei tidak akan menjadi perusahaan pertama yang mengembangkan platformnya sendiri sebagai alternatif untuk Android.

Sebelumnya, raksasa Korea Selatan yakni Samsung juga telah mencoba menggunakan OS Tizen miliknya sendiri, meski harus diakui itu tidak cukup berhasil menggerogoti Android. Mengenai Huawei, tampaknya perusahaan ini mulai khawatir tentang mengapa Android mungkin tidak lagi tersedia bagi mereka. Hal ini kemungkinan karena perusahaan ini telah menghadapi sedikit penolakan dari berbagai pemerintah di seluruh dunia mengenai teknologi yang mereka gunakan.

Ada juga kekhawatiran bahwa suatu hari Google mungkin memutuskan bahwa mereka lebih suka menyimpan Android untuk diri mereka sendiri daripada membuatnya menjadi OS open source. Tentu saja apakah hari itu benar-benar datang masih harus dilihat, tetapi sementara itu Huawei tampaknya siap jika hal-hal tersebut benar terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here