Setelah banyaknya bocoran yang beredar tentang Huawei P30, kini akhirnya perusahaan secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone tersebut. Perangkat ini tidak memiliki kamera periskop dengan 5x zoom yang terdapat pada Huawei P30 Pro, namun masih banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Huawei P30 menjadi varian smartphone pertama dari Huawei yang menggunakan panel layar AMOLED dari Samsung. Selain itu, layar smartphone ini juga mendukung pemindai sidik jadi di bawah layar. Fitur utama lain dari smartphone ini adalah setup triple-kamera di belakang, yang juga mendukung fitur periskop.

Layarnya adalah panel AMOLED seluas 6,1 inci dengan resolusi Full HD+, rasio tinggi dan layar yang sepenuhnya datar. Huawei P30 ditenagai chipset chipset Kirin 980 dan hadir dalam empat varian RAM dan penyimpanan, yakni 6GB/128GB, 8GB/64GB, 8GB/128GB, dan 8GB/256 GB. Selain itu, masih ada slot microSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan.

Kamera utama smartphone ini adalah unit SuperSensing 40 MP, yakni sensor Sony IMX600 dengan filter warna RYYB khusus untuk mendapatkan performa terbaik saat kondisi minim cahaya. Untuk sensor lainnya adalah lensa telefoto 8MP f/2.4 yang memiliki kemampuan 3x optical zoom dan lensa ultra-wide 16MP f/2/2 17mm, dan dilengkapi branding Leica di bawah LED flash. Sedangkan untuk kamera depan beresolusi 32MP f/2.0, tanpa autofocus.

Untuk bodi belakang, Huawei P30 dilapisi bahan kaca, namun sayangnya smartphone ini tidak mendukung fitur wireless charging. Pengisian daya 40W hanya akan terdapat pada P30 Pro, tetapi SuperCharge klasik pada smartphone ini yang mencapai 22,5W masih dapat mengisi baterai 3.650 mAh dengan cukup cepat. Selain itu, smartphone ini masih memiliki jack audio 3.5mm dan untuk konektivitasnya mendukung Wi-Fi a/b/g/n/ac, GPS dual-band dan Bluetooth 5.

Huawei P30 akan tiba dalam pilihan warna Hitam, Breathing Crystal, Aurora, dan Pearl White yang memiliki nuansa biru, perak, merah muda, ungu dan terlihat mirip dengan gradien Twilight pada P20 Pro. Untuk harga, Huawei P30 dibanderol seharga € 800 atau setara dengan Rp12,7 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here