Huawei-P9

Siapa penguasa pasar ponsel di tahun 2016? Semua pasti serempak menjawab di antara Samsung dan Apple sebagai nomor satu dan dua. Tetapi tahukah kamu siapa yang menempati urutan ketiga?

Ternyata Huawei, vendor smartphone asal Tiongkok inilah yang berhasil menempel kedua raksasa smartphone di atas. Huawei berhasil menambah pangsa pasar smartphone dunia sebanyak 1.6 persen. Juga mengirimkan lebih banyak smartphone daripada vendor Tiongkok lain semacam Oppo, Asus ataupun Vivo.

data-smartphone-2016

Tetapi walaupun berhasil menduduki urutan ketiga pangsa pasar smartphone global, keuntungan Huawei justru turun dari tahun sebelumnya. Tahun 2016, Huawei hanya sanggup memperoleh keuntungan sebanyak $2 miliar. Padahal, tahun 2015 mereka bisa memperoleh 2.2 miliar.

Apa yang terjadi? Ternyata memang banyak faktor yang mempengaruhi. Harga pembelian komponen, biaya pemasaran yang lebih tinggi, dan terlalu selektif memilih pasar, menjadi beberapa faktor kenapa keuntungan vendor yang terkenal dengan smartphone P9 ini menurun.

Huawei dinilai terlalu sibuk bersaing di pasar premium dan terlalu independen dalam pemasaran. Bahkan di Amerika Serikat, Huawei belum pernah bekerja sama dengan operator seluler.

Tetapi bagaimanapun, margin keuntungan huawei masih lebih besar dibandingkan dengan vendor asal Tiongkok lainnya. Inilah yang membuat Huawei masih menjadi vendor nomor satu di lingkup Tiongkok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here