Saat ini raksasa teknologi tengah berlomba-lomba dalam membuat asisten digital milik mereka sendiri, dan dengan banyaknya pilihan membuat pengguna harus beradaptasi lagi ketika menggunakan asisten digital lainnya. Seperti contoh, Google memiliki Google Assistant, Apple memiliki Siri, Microsoft memiliki Cortana, dan Amazon memiliki Alexa. Ditambah lagi Samsung yang meluncurkan asisten digital Bixby tahun lalu, sehingga menambah daftar persaingan. Namun tak cukup di situ saja karena raksasa Huawei juga tidak ingin kalah.

Raksasa smartphone asal Tiongkok ini dikabarkan segera terjun dalam persaingan dengan asisten digital miliknya yang bernama HiAssistant. Hal ini diketahui berkat laporan XDA yang mengkalim telah menemukan bukti dari file firmware di dalam ini yang diambil dari EMUI 8.1 untuk Huawei Mate 10, berbasis Android 8.1 Oreo. Namun bukti ini adalah versi Tiongkok dari sistem operasi tersebut, yang berarti bahwa HiAssistant akan tersedia secara eksklusif di Tiongkok.

Lalu apa kelebihan HiAssistant dibandingkan dengan asisten digital lainnya? Berdasarkan bukti yang mereka temukan, HiAssistant memiliki kemampuan Natural Language Understanding. Ini berarti pengguna tidak harus mengucapkan kalimat secara lengkap karena NLU dapat memahami bahasa keseharian pengguna yang dianggap lebih alami. Tentu ini berbeda dengan asisten digital lainnya yang mengharuskan pengguna mengucapkan kalimat formal secara lengkap.

Selain itu, temuan XDA juga mengungkapkan bahwa HiAssistant akan memiliki hubungan dengan beberapa aplikasi lain yang sudah ada seperti QQ dan WeChat, yang merupakan aplikasi populer di Tiongkok. Adanya temuan tersebut menunjukkan bahwa peluncuran HiAssistant tampaknya sudah semakin dekat, dan Huawei segera mengejar ketertinggalannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here